Rabu, 10 Juni 2009

SAYANGI GINJAL ANDA

Tak hanya jantung yang berperan penting memompa darah tanpa kenal waktu, bahkan saat kita tidur. Ginjal, salah satu organ vital yang patut kita sayangi. Mengapa? Apapun yang anda makan dan minum, ginjallah yang bersusah payah menyaringnya. Baik zat-zat yang ditubuh maupun zat-zat yang harus dibuang karena tidak lagi diperlukan.
Saking penting dan beratnya fungsi ginjal, organ tubuh yang terletak diabdomen atau rongga perut bagian belakang ini 25 persen dialiri pembuluh darah. Tak heran, ginjal yang berjumlah dua buah berukuran sebesar biji kacang ini, sangat mudah terpapar zat dari luar tubuh.
Ginjal adalah organ tubuh yang sangat vital yang memegang enam fungsi yang berat dan mempengaruhi hidup seseorang. Selain fungsinya menjadi alat filtrasi atau penyaring yakni zat yang dibutuhkan tubuh maupun tempat pembuangan yang tidak dibutuhkan tubuh termasuk racun, juga mempunyai fungsi lain yakni mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh, mengatur keseimbangan elektrolit (zat esensial), mengatur kadar asam basah tubuh. Fungsi lainnya adalah membuat hormon yang dibutuhkan tubuh. Ada hormone yang mengatur tekanan darah dan hormone yang membuat sel darah merah serta membuat mambuat vitamin D aktif. Jadi coba bayangkan jika fungsi ginjal anda terganggu! Akibatnya, dapat mempengaruhi kinerja organ tubuh yang lain. Muncul pertanyaan “apa sajakah yang mempengaruhi fungsi ginjal”, gangguan fungsi ginjal bisa terjadi karena adanya ISK atau Infeksi Saluran Kemih. Infeksi dapat terjadi dari firus, bakteri maupun parasit. Infeksi pada saluran kemih inilah yang dapat mengenai ginjal, ureter (saluran dari ginjal kekantung kemih), uretra (saluran pembuangan dari kemih keluar)
Faktor lainnya karena adanya infeksi pada ginjal yang disebabkan oleh bakteri streptokokus yang khusus menyerang glomerulus. Padahal glomerulus ini semacam kumparan pembuluh darah kecil yang menapis zat- zat pada ginjal sehingga disebut juga Glumeruloneefritis Akut Pasca Streptokokus (GNAPS). Selain infeksi tersebut, gangguan fungsi ginjal lainnya penyebabnya tidak diketahui atau disebut juga Sindrom Nefrotik.
Penyakit lainnya adalah gagal ginjal akut hingga kronik yang dapat menyebabkan fungsi ginjal terganggu. “tumor ginjal maupun faktor congenital (sejak lahir) dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Jika peyakit- penyakit tersebut tidak diobati , maka seseorang akan mengalami gagal ginjal bahkan kematian. Gagal ginjal kronik bahkan membuat seseorang harus cuci darah. Jadi sayangi Ginjal anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar