Selasa, 03 November 2009

SINUSITIS MENYERUPAI GEJALA FLU
Anda pernah merasakan sakit dibagian dahi, pipi, hidung atau daerah diantara mata terkadang sakit dibarengi dengan demam, sakit kepala, sakit gigi atau bahkan menurunkan kepekaan indra penciuman? Jika iya, itu gejala penyakit sinusitis.

SINUSITIS merupakan penyakit yang menyerupai gejala FLU. Terkadang karena gejala yang kita rasakan tidak spesifik, kita salah mengartikan gejala2 tersebut dengan penaykit lain sehingga membuat penyakit sinusitis yg diderita berembang tanpa diobati. Untuk itu disini saya mencoba tuk menyarankan anda tuk mengenal penyakit ini dan pengobatannya
Sinusitis adalah penyakit yang terjadi didaerah sinus. Sinus sendiri adalah rongga udara yang berhubungan dengan HIDUNG, sinus berfungsi untuk menjaga kelembapan hidung dan menjaga pertukaran udara didaerah hidung.
Rongga sinus terdiri atas 4 bagian yaitu:
 Sinus Frontal, terletak diatas mata dibagian tengah masing2 alis.
 Sinus Maxillarry, terletak diantara tulang pipi tepat dissamping hidung.
 Sinus Ethmoid, terletak diantara mata tepat dibelakang tulang hidung.
 Sinus Sphenoid, terletak dibelakang Sinus Ethmoid dan dibelakang mata
Didalam rongga sinus terdapat lapisan yang terdiri dari bulu2 halus yang disebut Cilia yg berfungsi sebagai pendorong lendir yg diproduksi didalam sinus menuju saluran pernapasan. Gerakan cilia mendorong lendir ini berguna untuk membersihkan saluran napas dari kotoran atau organism yang mungkin ada. Ketika lapisan rongga sinus ini membengkak maka cairan lendir yang ada tidak dapat bergerak keluar dan terperangkap dalam rongga sinus.
Jadi sinusitis terjadi apabila terdapat peradang an di daerah lapisan rongga sinus yg menyebabkan lendir terperangkap dalam rongga sinus dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Sinusitis dapat dibedakan jadi 2 jenis, yaitu sinusitis Akut dengan gejala dirasakan selama 2-8 minggu. Dan sinusitis kronis yang gejalanya dirasakan lebih dari 8 minggu. Sinusitis akut dapat disebabkan oleh kerusakan lapisan rongga sinus akibat infeksi atau tindakan bedah. Sedangkan sinusitis kronis biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

1 komentar: