Selasa, 03 November 2009

KENALI PENYEBABNYA

SINUSITIS terjadi akibat beberapa factor. Diantaranya: bulu- bulu halus didalam rongga sinus tidak bekerja secara maxsimal akibat kondisi medis tertentu , seperti flu dan alergi. Flu dan alergi itulah yang menyebabkan lendir diproduksi secara berlebih sehingga menutupi rongga sinus.

Kemudian adanya kelainan pada sekat rongga hidung, kelainan tulang, atau polip pada hidung yang dapat menutupi rongga sinus. Selain itu apapun yang menyebabkan bengkak pada lapisan rongga sinus atau menahan cilia mendorong dapat menyebabkan sinusitis. Hal ini biasa terjadi karena adanya perubahan suhu dan tekanan udara, penggunaan penyemprot hidung yang berlebihan, merokok, berenang atau menyelam dapat meningkatkan resiko terkena sinusitis. Ketika sinusitis terjadi akibat bakteri ataupun virus, maka akan terjadi infeksi pada rongga sinus yang kadang terjadi setelah kita mengalami flu.
Virus flu yang akan menyerang lapisan rongga sinus sehingga terjadi pembengkakan dan rongga sinus mengecil. Bila demikian,tubuh kemudian bereaksi terhadap virus tersebut dan memproduksi lebih banyak lendir. Tetapi karena rongga sinus mengecil maka lendir terperangkap didalam rongga sinus dan menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Bakteri inilah yang menyebabkanterjadinya infeksi sinus.
Lakukan suntik bakteri
Penderita sinusitis jangan kuatir. Penyakit ini dapat diobati, beberapa pengobatan dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini, diantaranya suntik antialergi.
Bagi beberapa penderita sinusitis kronis mungkin diperlukan pengobatan untuk mengobati infeksi jamur. Tindakan operasi untuk membersihkan dan mengeringkan rongga sinus perlu dilakukan terutama bagi pasien yang mengalami peradangan yang berulang. Pemberian antibiotic biasanya tidak diperlukan untuk mengobati sinusitis akut, karena biasanya infeksi akan sembuh dengan sendirinya. Tetapi antibiotika dapat diberikan apabila terjadi kasus seperti : anak dengan kondisi pilek biasanya disertai dengan batuk yang tidak kunjung membaik setelah 2-3 minggu. Demam dengan suhu tubuh lebih dari 39 derajat celcius, adanya bengkak yang parah diarea sekitar mata, sakit kepala atau didaerah sekitar wajah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar